Minggu, Mei 17, 2009

TIPS MEMILIH SEKOLAH


Hingar bingar pendaftaran murid baru SMA/SMK/MA akan dimulai tanggal 1 Juli 2009. Satu hal yang sering terjadi adalah kebingungan siswa dan orang tuanya dalam memilih sekolah yang diminati. Banyak siswa lulusan SMP/MTs yang masih belum punya pilihan akan melanjutkan ke mana.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan memilih sekolah karena ikutan temen. Untuk itulah kami mencoba untuk memberikan tips dalam memilih sekolah. Tips tersebut antara lain :

  1. Carilah informasi sekolah sebanyak-banyaknya.
    Jalan untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali. Bisa lewat brosur, spanduk, iklan radio atau telepon ke sekolah. Atau bisa juga lewat alumni SMP yang sekolah di SMA/SMK/MA. Cara ini lebih mengena dalam mendapatkan informasi karena alumni tersebut biasanya jujur dalam memberikan informasi. Jika sekolah itu baik dibilang baik dan sebaliknya jika jelek akan dibilang jelek. Informasi yang banyak tersebut akan memberi banyak pilihan kepada kita dalam menentukan sekolah yang dipilih.

  2. Biaya
    Faktor ini sangat dominan dalam menentukan sekolah. Kenapa sangat penting karena biaya menjadi faktor kunci dalam kelanjutan studi. Jika biaya yang kita punyai tidak mencukupi maka akan terjadi pemutusan sekolah di tengah jalan, dan ini tentu tidak kita harapkan. Jika dana kita mencukupi untuk melanjutkan sampai perguruan tinggi maka SMA/MA akan menjadi pilihan, tetapi sebaliknya jika dana tidak mencukupi maka SMK akan menjadi pilihan terbaik.

  3. Pilihlah jurusan yang menjanjikan
    Jika pilihan kita jatuh pada SMK, maka pilihlah jurusan di SMK yang menjanjikan masa depan kita. Yang perlu dicamkan jangan memilih SMK nya tetapi pilihlah jurusannya. Kenapa? Karena SMK yang favorit belum tentu jurusannya bagus dan sebaliknya SMK yang tidak favorit belum tentu jurusannya jelek. Untuk saat ini jurusan yang menjanjikan adalah computer. Kenapa seperti itu, karena saat ini Indonesia sedang menuju era modern dengan membuang teknologi lama dan diganti dengan teknologi yang serba otomatis. Hampir di setiap instansi pemerintah maupun swasta sudah berkomputerisasi oleh karena itu membutuhkan tenaga kerja di bidang ini yang cukup tinggi. Untuk mengetahui database SMK yang memiliki jurusan komputer, silahkan berkunjung ke website Direktorat Pembinaan SMK dengan alamat di http://www.ditpsmk.net/. (disadur dari http://ardansirodjuddin.wordpress.com/2008/06/30/tips-memilih-sekolah/#more-251)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar